Makanan Sehat untuk Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang pada siapapun tanpa mempedulikan jenis kelamin dan usia. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Hipertensi termasuk salah satu penyakit yang timbul secara diam-diam tanpa menimbulkan gejala apapun. Sehingga tidak sedikit orang yang tidak menyadari jika dirinya menderita tekanan darah tinggi. Maka dari itu, pencegahan dini diperlukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menjaga pola makan. 

Beragam Makanan Sehat untuk Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi


Makan yang teratur dan olahraga yang cukup dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Dan berikut ini termasuk makanan sehat untuk bantu turunkan tekanan darah tinggi :

  • Tomat
Tomat kaya akan kandungan likopen dan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Menurut peenlitian, likopen dalam tomat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi 1 buah tomat setiap hari untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Lemon
Lemon kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Vitamin C pada lemon dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan sakit. Lemon juga kaya akan potasoim yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Minum air lemon dengan air hangat setiap pagi tanpa di campur apapun. Untuk hasil yang lebih baik, konsumsi minuman ini ketika perut dalam kondisi kosong. 

  • Buah Bit
Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, jus buah bit bisa menjadi pilihan selanjutnya. Jus buah bit dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung. Minum 1 gelas jus buah bit setiap hari untuk mengurangi tekanan darah tinggi. 

  • Pisang
Konsumsi 1-2 biah pisang setiap hari untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan pottasioum dalma buah pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, nutrisi dalam buhan pisang juga membantu mencegah stroke dan penyakit berbahaya lainnya. 

  • Blueberries
Makanan penurun tekanan darah tinggi selanjutnya yaitu blueberries yang kaya akan flavonoid. Anda bisa mengonsumsi blueberries secara langsung atau mencampurnya dengan menu sarapan sehat Anda.

  • Kentang
Kentang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.Kandungan potasium, magnesium, dan mineral pentinglainnya dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa memanggang ataupun merebus kentang. Hindari menambahkan margarine karena akan mengurangi manfatnya.

  • Bawang
Bawang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisinya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi 2-3 buah bawang mentah setiap harinya untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Konsumsi dalam kondisi perut kosong.

Itulah 7 jenis makanan sehat untuk bantu turunkan tekanan darah tinggi. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan membantu mengatasi keluhan kesehatan Anda. Semoga lekas sembuh.

0 komentar:

Posting Komentar