Tips Berpuasa Tetap Nyaman Bagi Penderita Hipertensi

Tips Berpuasa Tetap Nyaman Bagi Penderita Hipertensi,- Pada bulan Ramadhan, setiap muslim diharuskan untuk menjalankan puasa. Nah, bagi Anda yang mengidap penyakit hipertensi harus pintar dalam mengelola penyakit tersebut agar bisa berpuasa dengan nyaman tanpa mengalami gangguan yang berarti.

Selama tekanan darah terkendali dan minum obat penurun tekanan darah tinggi secara teratur, sebenarnya tidak ada masalah bagi penderita hipertensi untuk berpuasa. Namun, Anda harus tetap memperhatikan dan menghindari faktor-faktor yang dapat memicu naiknya tekanan darah.


Dr Srinivasan Ravindranath, ahli kardiologi dari Aster Clinic, Al Muteena (DMPC) di Dubai, mengatakan bahwa tidak ada cara permanen untuk menyembuhkan hipertensi, namun gejalanya bisa dicegah agar tidak semakin parah.

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan antara lain mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak, menghindari jus yang terlalu manis, dan mengurangi minuman berkafein agar tidak mengalami dehidrasi. 

Setelah berbuka dan sahur, sebaiknya konsumsi buah-buahan segar untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Selain itu, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi juga bisa menjadi cara berikutnya untuk mengontrol tekanan darah.

Selain mengatur pola makan, penderita hipertenis juga harus melakukan latihan fisik untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus mengendalikan tekanan darah. Penderita hipertensi juga harus memperhatikan berbagai gejala yang timbul, seperti sakit kepala dan pusing.

Perlu diingat, merokok merupakan salah satu faktor lain yang dapat meningkatkan tekanan darah dan Ramadhan bisa menjadi satu kesempatan untuk mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan tekanan darah secara rutin untuk memastikan kondisi tekanan darah dan kesehatan Anda. 

Itulah tips berpuasa tetap nyaman bagi penderita hipertensi yang bisa menjadi pilihan Anda. Semoga tips tersebut bisa membantu agar penderita hipertensi bisa tetap melakukan puasa dengan nyaman dan lancar. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar